NGEBLOG CARA GOBLOK

Untuk jadi BLOGGER, nggak kudu pinter. Tapi untuk menjadi BLOGGER yang pinter memang butuh proses, butuh juga keberanian untuk mengawali. Yang harus kamu miliki adalah :

1.   BlOG. Ya iyalah, masa mau NGEBLOG nggak punya BLOG, gimana mau jadi BLOGGER? Kamu bisa dapatkan Blog gratis di wordpress atau di blogspot. Sebenarnya masih banyak yang lain, tapi yang pernah aku coba cuma itu.

2.  POSTING. Kalau sudah punya Blog masa mau dibiarin kosong. Posting tulisan kamu. Apa saja, yang penting tulisan kamu. Kamu bebas mengekspresikan dirimu, menuangkan pemikiranmu, ide-ide yang bisa kamu share kepada orang lain.

3.  COMMENT. Balas setiap comment yang masuk ke blog mu. Comment adalah nafas sebuah blog. Tanda bahwa blog itu hidup karena mendapat reaksi dan diapresiasi. Aku menganggap comment seperti jejak kebaikan setiap pengunjung karena tulisanku diapresiasi.

Ketiganya adalah komponen utama menjalankan sebuah blog. Tapi yang tak kalah penting  juga kalau kamu:

1.   Berkunjung ke blog orang lain, tanda silaturahmi dan menjalin komunikasi. Dan jangan segan untuk meninggalkan comment. Itu sama juga dengan kamu memperkenalkan diri dan mengundang orang lain untuk berkunjung ke blog mu.

2.   Jadi diri sendiri. Boleh jadi kamu tidak pandai menuangkan setiap pemikiranmu ke dalam tulisan. Ini memang menjadi masalah beberapa blogger yang mengaku bukan penulis. Tak mengapa, tulis saja apa yang melintas di pikiranmu. Soal baik dan tidaknya, soal tersistem atau rancunya tulisanmu, biarkan orang lain yang menilai. Yang penting itu benar-benar hasil karyamu sendiri. Dan lagi, semakin sering kamu menulis, dan semakin sering kamu menuai kritik, maka semakin terasah kemampuanmu dalam menyampaikan pesan alias menulis.

3.   Jangan pernah mencuri. Tulisan orang lain adalah harta bagi mereka, jangan sampai kita mengambilnya. Bolehlah kita ikut menyebarkan informasi yang disampaikannya, tentu dengan mencantumkan nama atau sumber si empunya tulisan atau blog.

Begitu saja kok. Tidak sulit kan untuk memulai ngeblog? Lho, kok tidak ada anjuran untuk mempercantik blog, memonetisasi, atau lainnya? Ya, iyalah. Namanya juga NGEBLOG CARA GOBLOK. Kalau sudah mempercantik, memonetisasi, dan sebagainya berarti kita sudah jadi BLOGGER yang pinter. Dan artikelnya pasti berjudul “NGEBLOG CARA PINTAR.” Do’a kan saja aku bisa membuat artikel tersebut. Karena aku sendiri juga sedang belajar – untuk menjadi blogger yang pintar. Nanti kalau sudah sukses, akan aku share kepada kalian.

Get a Blog, Go Blog!!!

6 Komentar

Filed under Blogging

6 responses to “NGEBLOG CARA GOBLOK

  1. terus enakan mana ngeblog di wordpres atau di blogspot???
    So…aku lagi pusing milih yang mana!

    bisa ngga’ ya….tampilan blogspot mirip wordpres!!!

    ***
    aliaz: soal enak wordpress ato blogspot???
    jawaban bee (dibawah) udah mewakili tuh!!!

  2. fauzi

    Tips yang bagus. Salam kenal ya.. Menurutku lebih enak wordpress, soalnya lebih kelihatan profesional tampilannya, lebih mudah dimodifikasi, widget yang banyak tesedia dan semuanya free…
    http://imamuna.wordpress.com

    ***
    aliaz: yup, lam kenal juga, thx.

  3. wah padahal saya udah mau nyamar komen pake nama christian sugiono hahahah

    ***
    aliaz: kenapa nggak pake nama christian subandono aja, cah?!
    ntar aku pake nama alicia sugiono.🙂

  4. bee

    kok kayak dejauvu yah.ngerasa pernah baca tulisan ini sblmnya, tapi dmn yaaaaaaaa..?? um..:-/ (whatever..)

    ngeblog di wordpress asik, makenya juga ga rumit, tapi ga bisa untuk dimonetisasi.
    ngblog di blogspot juga ga kalah asik, malah bisa ikut adsense, ptr, dan program make money online lainnya🙂

    semua ada plus minusnya, tinggal tau isi hati aja pengen ngeblog itu untuk apa, sekedar diary, berbagi cerita, pengalaman, ato juga pengen ikut program make money online, menurut aQ si😀

    ***
    aliaz: aku juga dejavu…kaya’ pernah dengar nama bee. hehehe mungkin kamu pernah mimpi buka2 blog ini kaliiii. btw, salam kenal ya bee.🙂

    salam..

  5. hihihihi…saya tunggu posting blog bener2 goblok..hahaha

    ***
    aliaz: kalo yang bener2 goblok….mungkin cuman judulnya doank.

  6. Salam goblok eh salah

    Salam blogger…

    ***
    aliaz: salamat ngeblog🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s