Menabung Itu Gampang

Kita tidak pernah tahu besaran kebutuhan kita di masa mendatang. Bisa jadi kita tiba-tiba sakit, atau anak membutuhkan dana untuk pendidikan, dan itu tidak sedikit. Andai kita tidak memiliki tabungan, pastilah berhutang solusinya. Bukankah itu semakin manambah beban?

Menabung bagi sebagian orang memang bukan perkara yang mudah, namun hal itu perlu dipupuk dari sekarang. Bagaimana caranya?

1. Sisihkan uang begitu menerima gaji atau mendapatkan penghasilan lainnya. Minimal sepuluh persen dari besarnya gaji atau penghasilan kita.
2. jangan menabung menunggu uang sisa dari kebutuhan bulanan. Percayalah, uang itu akan habis terpakai, dan kita akan tergoda untuk menggunakannya setiap saat.
3. Jika kita tipe orang yang konsumtif, jangan menggunakan kartu kredit karena pengeluaran bulanan akan semakin membengkak akibat lapar mata.
4. Kita bisa memilih tabungan berjangka dengan setoran tetap setiap bulannya, dengan begitu kita dipaksa untuk disiplin menabung.
5. Kita perlu membeli celengan khusus untuk uang receh. Yah, daripada kantong kita robek gara-gara nimbun recehan disana, atau dompet kita rusak untuk menyimpan uang receh, kenapa tidak kita masukkan ke celengan saja. Sedikit demi sedikit lama-lama juga menjadi bukit.

catatan: Ini adalah posting pindahan dari blog mamae didan

Tinggalkan komentar

Filed under Finansial

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s