Apakah Aku Seorang Penulis? (1)

Konon, penulis adalah mereka yang sudah menelorkan banyak tulisan. Karya-karya mereka sudah dibukukan, entah bagus entah tidak, asal dibukukan saja, sudah sangat layak untuk disebut “Penulis.”

Konon, penulis adalah mereka yang dilahirkan dengan bakat kepenulisan. Ide dengan senang mampir tanpa dipanggil. Tangan dengan gemulai merangkai kata demi kata, sehingga tersaji untuk dinikmati. Kemudian pujian mengalir -karena jarang kan profesi sebagai seorang penulis?!

Konon, menjadi penulis tidak mudah. Bakat saja tidak cukup, kalau tidak diimbangi dengan belajar yang tak kenal waktu, peningkatan kebutuhan membaca untuk memperluas wacana, serta usaha untuk dapat menciptakan tulisan yang layak baca.

Konon konon konon. Benarkah?

17 Komentar

Filed under Writing

17 responses to “Apakah Aku Seorang Penulis? (1)

  1. ya, seorang penulis. saya juga lagi belajar nulis…

  2. kata orang agar pinter nulis harus rajin baca, ini yang lagi dicoba…yuk nulis..

  3. adityahadi

    pede aja kali mas / mbak … yg penting buat kutu sih kita bisa mengeluarkan semua isi kepala kita ke dalam untaian lembar kertas atau file figital. biar gak menuh2in otak yg kecil ini ^^

  4. Ah tidak juga begitu menurut saya. Saya nekat aja belajar nulis. Kalo bakat semua orang mungkin punya. Ibarat ngasah pisau, sering diasah makin tajam, bener gak ya???
    Salam

  5. bakat itu tidak penting, yang penting adalah kemauan dan kerja keras, senantiasa memupuk diri menulis dan membaca

  6. Latihan secara intens akan membiasakan kita untuk menulis.
    Belajar tehnik menulis membuat tulisan kita akan semakin baik.
    Bakat, mendukung.
    Salam hangat dari Surabaya

  7. Klo konon harus sudah nelorin buku berarti aku bukan penulis, tapi belajar-menulis-yang-baik-dan-bener ^_^

  8. Dangstars

    Memang untuk dikatakan seorang penulis atau tidak sayapun bingung, πŸ˜€
    Karena tidak ada departemen yang menerangkan bahwa seseorang penulis atau bukan πŸ˜›
    Namun rasanya bila kita telah merasakan nikmatnya menulis,apalagi tulisan itu bisa menghasilkan penghasilan πŸ˜›
    Sudah pasti tentunya kita semangat untuk menulis…πŸ˜›
    Walau untuk ukuran saya terkadang banyak ide,namun sulit rasanya untuk ditulis dengan merangkai kata yang indah πŸ˜€
    Semoga Anda menjadi penulis yang suksesπŸ˜› πŸ˜€ πŸ˜› πŸ˜€

  9. hendra

    Saya sih gak punya bakat jadi penulis..tapi hobi aja menulis..he he.

  10. Penulis, yang penting nulis. Penyanyi, yang penting selalu nyanyi.
    Setiap orang itu penulis Bang, kadang tulisannya gak di terbitkan, dan gak mesti tulisannya diterbitkan untuk disebut sebagai penulis.
    Kita adalah penulis bagi cerita kita sendiri.
    Tetaplah menulis, juga membaca.
    Salam kenal …πŸ™‚

  11. klo penulis itu sbg profesi barangkali benar klo ia sdh banyak menulis di media bahkan dibukukan.
    penulis bisa jg disematkan bagi yg sekedar hobi menulis, entah di diary atau blognya.
    siapa pun yg merangkai kata jd kalimat, menurut saya sih, bisa disebut seorang penulis..πŸ™‚

  12. Julukan penulis atau bukan…kita adalah tulisan hidup yang kita jalaniπŸ˜€

  13. aku juga begitu jeng, masih mau belajar menulis.
    tapi kalo sampean yang mengisi tulisan2 di blog ini (admin nya) yaa sudah sewajarnya
    sampean disebut penulis di blog https://aliazblog.wordpress.com begicuuuu tapi gak tahu benar ato salah koment ku tsbπŸ˜† .

  14. Semua orang bisa jadi penulis…. hanya saja kualitas menulisnya yang beda. Yang penting dimana ada kemauan untuk menulis, pasti banyak pelajaran bagaimana menelorkan isi tulisan yang bermanfaat dan bagus…. Setuju?

  15. Saya setuju sekali dengan Pak Sunarno tuh.. Trims. Salam kenal ya !!!

  16. Mudah-mudahan saya tetep menulis terlepas saya penulis atau bukan…

  17. kalo aku punya blog karena hobi nulis aja….

    horee besook libuuur…. wkwkwk

Tinggalkan Balasan

